Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Jintung Kecamatan Ayah Tahun 2022

Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Jintung Kecamatan Ayah Tahun 2022

Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Jintung Kecamatan Ayah Tahun 2022

Lintas Desa - Pemerintah Desa Jintung Kecamatan Ayah dan BPBD Kabupaten Kebumen mengadakan Pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) pada tanggal 20-23 Juni 2023.

Pelatihan tersebut diadakan di Balai Kemasyarakatan Desa Jintung dan diikuti oleh 30 peserta dari berbagai unsur diantaranya yaitu Perangkat Desa Jintung, BPD, PKK, Karangtaruna dan Perwakilan dari lingkungan RT.

Kepala Desa Jintung Walim, menyampaikan bahwa Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas Desa terhadap penanggulangan dan pengurangan resiko bencana, meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan kajian bencana partisipatif dan pengembangan sistem peringatan dini serta mampu menyusun rencana kontigensi dalam upaya penanggulangan dan pengurangan resiko bencana dan peserta mampu menjadi fasilitator yang siap memfasilitasi masyarakat untuk menyiapkan diri dalam menghadapi bencana dan mencegah atau mengurangi terjadinya bencana serta membangun kerjasama multipihak mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten untuk menyuarakan kepentingan masyarakat terkait isu bencana kepada para pengambil kebijakan agar kebijakan yang dibuat dapat mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pengurangan resiko bencana.

Sementara itu, Perwakilan dari fasilitator BPBD Kebumen menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan yang sangat penting diadakan dengan alasan Kebumen merupakan kabupaten yang rawan bencana.

Selain itu juga, menyampaikan sangat mengapresiasinya kepada para peserta yang antusias mengikuti pelatihan Desa Tangguh Bencana yang diadakan oleh BPBD dan Desa Jintung.

Kegiatan tersebut tidak hanya sebagai ceremonial belaka tetapi harus diaplikasikan dengan baik agar dalam penanganannya benar dan tepat guna.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung