Yuliani Berhasil Menjuarai lomba Menyusun menu makanan sehat sehari bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial

Yuliani Berhasil Menjuarai lomba Menyusun menu makanan sehat sehari bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial

Yuliani Berhasil Menjuarai lomba Menyusun menu makanan sehat sehari bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial

Lintas Desa - Yuliani juara lomba Menyusun menu makanan sehat sehari bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial dari 13 KPM Bantuan sosial yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Lomba yang diadakan pada tanggal 18 maret 2022 atau hari Jum’at di Balai Kemasyarakatan Desa Jintung bertujuan untuk menyadarkan atau mengkampanyekan pentingnya gizi dalam makanan guna menyongkong kebutuhan Kesehatan tubuh.

Kepala Desa Jintung menjelaskan terkait dengan tujuan lomba. Selain itu, Kepala Desa Jintung mengungkapkan bahwa lomba makanan bergizi itu memiliki pesan bahwa masyarakat desa yang menerima bantuan harus sadar dengan apa yang diberikan oleh pemerintah berupa bantuan sosial. Bantuan sosial itu, ketika berupa uang tunai harus dibelanja bahan makanan yang mengandung gizi sehingga akan menambah kekebalan tubuh.

Tujuan lomba ini lain tidak lain adalah untuk memberikan pemahaman bahwa pentingnya makanan bergizi. Masyarakat juga harus menyadari bantuan yang diberikan oleh pemerintah ketika yang diberikan berbentuk nominal uang harus dibelanjakan dengan bahan makanan yang bergizi. Ujar Walim pada pembukaan pelaksanaan lomba (18/3/22)

Ketika bantuan yang diterima bahan makanan warga masyarakat juga harus mengolahnya dengan benar sehingga gizi yang sudah ditawarkan tidak salah dalam mengolahnya yang menyebabkan hilangnya gizi.

Begitu juga ketika bentuk bantuan sosial yang diberikan berupa bahan makanan. Maka masyarakat harus pandai dalam mengolahnya sehingga gizi yang dikandung tidak hilang. Ketika tubuh didukung dengan gizi terjamin maka akan muncul kekebalan tubuh. Imbuhnya

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Jintung menambahkan bahwa pelaksanaan lomba makanan bergizi itu menggandeng pengurus PKK Desa Jintung, Ahli Gizi, dan unsur dari Pemerintah Kecamatan Ayah guna menjadi dewan pengadil atau dewan juri.

Pelaksanaan lomba ini, kami selaku penyelenggara menggandeng unsur-unsur terkait diantara yaitu pengurus PKK, Ahli Gizi dan unsur pemerintah kecamatan untuk membantu dalam penilaian. Ujar Ketua PKK Desa Jintung

Selain itu, lomba makanan siap saji dalam sehari berhadiah Rp. 1.000.000,- yang diberikan kepada satu pemenang dalam lomba makanan siap saji. Pengambilan juara tersebut diambil berdasarkan dari kriteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah kabupaten kebumen dalam surat edaran bupati.

Lomba ini berhadiah 1 juta rupiah yang diberikan untuk peserta terbaik yang didasarkan pada ketentuan yang sudah ditentukan pada surat edaran bupati kebumen. Pungkasnya

Pada acara inti lomba, ibu camat ayah menyampaikan sangat mengapresiasi peserta lomba di Desa Jintung yang sudah sangat menarik dan terlihat rapih dalam menyusunnya sehingga tinggal rasa dan gizi yang terkandung dalam makanan yang disajikan oleh perpeserta. Selain itu, beliau juga menyampaikan kalau diijinkan oleh aturan maka beliau akan memberikan peringkat terbaik semuanya. Tetapi aturan tidak membolehkan sehingga hanya satu yang akan beruntung mendapatkan hadiah berupa uang satu juta yang akan diberikan tepat pada hari jadi kebumen yaitu 21 Agustus 2022.

Terlihat pada pelaksanaan penilaian lomba semua juri sangat detail dalam menyicipi atau merasakan makanan yang telah disajikan oleh peserta. Para peserta saling mengungggulkan apa yang disajikan dimejanya masing-masing guna menjadi peserta yang beruntung mendapat nominal uang yang telah ditentukan.

Pada momen yang ditunggu-tunggu dengan hati yang berdebar-debar dari para peserta dewan juri melalui koordinatornya mengumumkan hasil penilaian lomba yang telah diakumulasi dari tiga juri. Sehingga munculah yuliani sebagai peserta terbaik atau yang menjuarai lomba makanan bergizi untuk KPM bantuan sosial yang baru pertama kali diadakan.

Semua peserta satu peserta silih berganti memberikan selamat kepada yuliani sebagai juara terbaik dalam lomba makanan bergizi. (ip)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2