BPBD Kebumen : Tanaman Vetiver dapat Mencegah Tanah Longsor

BPBD Kebumen : Tanaman Vetiver dapat Mencegah Tanah Longsor

BPBD Kebumen : Tanaman Vetiver dapat Mencegah Tanah Longsor

Lintas Desa - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kebumen mengadakan sosialisasi kepada tiga desa di Kecamatan Ayah yang kemarin terdampak tanah longsor di penghujung tahun 2021.

Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan pada Rabu,12 Januari 2022 di Aula Balai Desa Argopeni Kecamatan Ayah yang menghadirkan atau mengundang tiga desa diantaranya yaitu Argopeni, Jintung dan Srati. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Argopeni sekaligus menjadi moderator pada kegiatan sosilisasi cara pencegahan tanah longsor dengan tanaman Vetiver.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh utusan Kecamatan Ayah yaitu Kasino dan Kepala Bidang Pasca Bencana, Sofwani beserta stafnya.

Kepala Desa Argopeni menyampaikan bahwa Argopeni yang ditunjuk sebagai tuan rumah, sangat berterimakasih atas semua bantuan yang kemarin telah digelontorkan oleh BPBD Kebumen berupa material walaupun tidak seberapa dan ditambah dengan pengadaan rumput vertiver yang baginya adalah pengalaman baru dalam penangan tanah longsor.

Setelah itu penyampaian dari BPBD Kebumen yang menjelaskan terkait dengan fungsi dari tanaman Vertiver. Sofwani menjelaskan banyak kegunaan dari tanaman vertiver tersebut diantaranya yaitu sebagai pencegah tanah longsor karena akarnya bisa sampai 6 meter masuk kedalam tanah. Selain itu, tanaman tersebut juga bisa difungsikan sebagai pengharum serta daunnya bisa difungsikan sebagai pakan ternak.

Beliau juga menambahkan bahwa BPBD tidak bisa bergerak sendiri dalam menangani bencana karena BPBD Kebumen mengurus satu kabupaten tidak hanya satu Desa. Oleh karena itu, BPBD mengajak agar semua Desa membentu Destana guna membantu dan Desa lebih tanggap akan bencana yang akan terjadi.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung