Bupati Kebumen Memberikan Bantuan 654 Jambanisasi untuk Warga Wiskin

Bupati Kebumen Memberikan Bantuan 654 Jambanisasi untuk Warga Wiskin

Bupati Kebumen Memberikan Bantuan 654 Jambanisasi untuk Warga Wiskin

Lintas Desa - Bupati Kebumen melalui Kodim 0709 Kebumen memberikan bantuan pembangunan jambanisasi untuk warga miskin yang tersebar di 5 kecamatan yang ada di Kebumen. 
Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Desa Karanggayam, Kecamatan Karanggayam, Kamis 30 Desember 2021. Pada acara tersebut turut hadir Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf. Eduar Hendri, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama dan Ketua DPRD Kebumen Sarimun.
Bupati Kebumen menyampaikan, ada 654 bantuan jambanisasi yang dipusatkan di lima kecamatan yang masuk dalam kategori kemiskinan paling bawah. Lima kecamatan itu yakni Kecamatan Sempor, Karanggayam, Karangsambung, Sadang, dan Alian.
"Alhamdulillah hari ini kita kembali menyerahkan bantuan untuk program jambanisasi dari Kodim 0709 Kebumen untuk warga miskin yang ada di lima kecamatan. Bantuan ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dari sisi perbaikan lingkungan," ujar Bupati.
Menurut Bupati Kebumen program jambanisasi ini sangat vital karena setiap rumah harus ada jamban. Namun di Kebumen ada beberapa warga yang tidak memiliki jamban karena beberapa faktir diantaranya kurangnya pembiayaan. Padahal jamban sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.
"Bayangkan kalau di rumah-rumah warga ini tidak ada jamban, pastinya mereka akan membuang hadas besar dan hadas kecil bisa di tempat lain, entah di sungai di pekarangan dan lain-lain. Kalau ini terus dilakukan maka lingkungan menjadi tidak sehat," jelasnya.
Ketika lingkungan sudah tidak sehat atau tidak bersih, lanjut Bupati, akan menyebabkan masyarakat rentan terdampak penyakit. Oleh karena itu, sangat penting jambanisasi ini segara dibuat. Dengan harapan, beban masyarakat miskin di Kebumen akan berkurang.
"Pesoalan kemiskinan ini bisa kita atasi kalau kita mau sama-sama peduli, tidak berbangku tangan. Dan saya yakin kepedulian itu tidak hanya datang dari pemerintah, tapi masyarakat satu sama lain juga peduli dengan tetangganya, saudaranya dan juga temannya," Pungkasnya.
Sumber : Akun Fb: Prokopim Kebumen yang diakses pada 5 Januari 2022 pukul 9.22 WIB

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung