Ristawati Purwaningsih selaku Wakil Bupati Kebumen hadir dalam Peringatan Hari Disabilitas Kebumen (HDI) dan HUT Sahabat Disabilitas Kebumen (SDK) Ke-3

Ristawati Purwaningsih selaku Wakil Bupati Kebumen hadir dalam Peringatan Hari Disabilitas Kebumen (HDI) dan HUT Sahabat Disabilitas Kebumen (SDK) Ke-3

Ristawati Purwaningsih selaku Wakil Bupati Kebumen hadir dalam Peringatan Hari Disabilitas Kebumen (HDI) dan HUT Sahabat Disabilitas Kebumen (SDK) Ke-3

Lintas Desa - Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 Kabupaten Kebumen, dilaksanakan pada Selasa 7 Desember 2021 bersamaan dengan peringatan HUT Ke-3 Sahabat Disabilitas Kebumen SDK yang dilaksanakan di gedung pertemuan Setda Kebumen. Perayaan tersebut dimeriahkan dengan Bazar UMK SDK, penampilan musik SLB, fashion show SLB, dan Gathering Komunitas Disabilitas se Jateng-DIY.
Wakil Bupati Kebumen dalam sambutanya mengharapkan dengan diadakanya peringatan atau perayaan ini akan menambahkan motivasi, kepercayaan dan keyakinan kaum difabel dalam menggapai kesuksesan dan meningkatkan pemahaman serta kepedulian masyarakat pada kaum difabel.
Dengan adanya perayaan ini diharapkan akan meningkatkan motivasi hidup, kepercayaan dan keyakinan para difabel di Kebumen dalam meraih kesuksesan serta menambahkan kepedulian dan pemahaman pada kaum difabel. Ujarnya
Wakil bupati menambahkan, Pemerintah memberikan perhatian atas  keberadaan dan potensi kaum penyandang disabilitas. Salah satu ikhtiar pemerintah bagi kaum difabel dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas dan PP Nomor 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Evaluasi terhadap Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.
Kabupaten Kebumen sendiri telah merencanakan sebagai Kabupaten Inklusi pada 6 Desember 2019. Harapannya Kebumen menjadi inklusif dibidang pendidikan, kesehatan, sosial ketenagakerjaan, dan bidang lainnya.
Selain itu, beberapa kebijakan yang telah diikhtiarkan Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam merealisasikan Kebumen Inklusi diantaranya, pada urusan kesehatan adanya penyediaan sarana fasilitas pelayanan kesehatan (puskesmas dan rumah sakit) yang ramah disabilitas, sementara urusan infrastruktur dengan memberikan aksesibilitas pada bangunan gedung dan fasilitas umum lainnya seperti alun-alun, taman kota, trotoar, jalan dan beberapa gedung pemerintah yang ramah disabilitas.
Melalui Dinsos PPKB, pemkab juga menyelenggarakan beberapa program kegiatan bagi penyandang disabilitas yaitu pelatihan bahasa isyarat Indonesia bagi relawan dan tutor, pembinaan para penyandang cacat, dan pelatihan ketrampilan.
Wakil Bupati juga memberikan dukungan kepada Sahabat Disabilitas Kebumen SDK untuk percaya diri agar terus maju ditengah keterbatasan. Manusia sendiri memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan diri, memiliki kemampuan untuk meningkatkan taraf hidup, serta tidak bergantung pada orang lain, dan mengembangkan jaringan kerjasama dan komunikasi dengan sesama difabel,lembaga-lembaga yang peduli dengan difabel, serta dengan masyarakat luas.
Sumber : Akun Fb. Prokopim Kebumen yang diakses pada tanggal 8 Desember 2021 pukul 09.14 WIB

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung