POSYANDU Balita Desa Jintung Kecamatan Ayah dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Desa

POSYANDU Balita Desa Jintung Kecamatan Ayah dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Desa

POSYANDU Balita Desa Jintung Kecamatan Ayah dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Desa

Lintas Desa - Pelaksanaan POSYANDU Balita di Desa Jintung Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen dilaksanakan hari ini tanggal 7 Desember 2021 di Balai Kemasyarakatan Desa Jintung.

POSYANDU Balita Desa Jintung dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. POSYANDU Balita meliputi pemberian vitamin, penimbangan berat badan, tinggi badan dan lain sebagainya.

Pelaksana POSYANDU Balita adalah Bidan Desa yang dibantu oleh para kader Kesehatan Puskesmas Ayah II yang diambil dari anggota TP PKK Desa Jintung.

Bidan Desa Jintung memimpin langsung pelaksanaan POSYANDU Balita yang dihadiri oleh kurang lebih 15 balita yang digendong oleh orang tuanya untuk mengikuti kegiatan rutin setiap bulanya pada hari selasa pertama.

Kegitan Posyandu juga diakhiri dengan RAKOR Kader Kesehatan bersama Pemerintah Desa Jintung. Pada Kesempatan Bidan Desa menyampaikan terkait dengan penjelasan Posyandu secara umum dimana Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

POSYANDU secara umum merupakan ikhtiar atau usaha pemerintah agar memudahkan masyarakat dalam  pelayanan kesehatan ibu dan anak sedangkan tujuan utama posyandu yaitu untuk mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi pada saat kehamilan, persalinan, dan setelahnya melalui peran serta masyarakat. Ujar Bidan Wiwi sapa akrabnya(7/12/2021)

Sementara itu, Pemerintah Desa Jintung yang diwakili oleh Solikhin, SH sebagai sekretaris Desa Jintung menyampaikan bahwa anggaran tahun 2022 telah di tetapkan oleh peserta MUSDES pada hari kemarin dan diminta agar kader Posyandu atau Kesehatan agar lebih giat membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan terkait dengan kesehatan dengan baik dan gercep dalam siaga kesehatan di Desa Jintung.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung