Wabup Hj. RISTAWATI PURWANINGSIH, S.ST, MM., Membuka Lomba Hadroh dan Baca Kitab di Halaman SMK Maarif 1 Kebumen

Wabup Hj. RISTAWATI PURWANINGSIH, S.ST, MM., Membuka Lomba Hadroh dan Baca Kitab di Halaman SMK Maarif 1 Kebumen

Wabup Hj. RISTAWATI PURWANINGSIH, S.ST, MM., Membuka Lomba Hadroh dan Baca Kitab di Halaman SMK Maarif 1 Kebumen

Lintas Desa - Sejumlah 15 Grup hadroh dari delegasi Pondok pesantren mengikuti perlombaan Hadroh yang ada di Kebumen dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke VII. Kegiatan tersebut juga diadakan perlombaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) yang diikuti 19 peserta dari golongan santri.
Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen, Minggu 24 Oktober 2021, di Halaman SMK Ma'arif 1 Kebumen. Hadir Asisten III Amin Nurasyid, Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi, Pengasuh Pondok Al Istiqomah Karangsari Gus Johan Amru, serta sejumlah tokoh ulama NU.
Dalam kegiatan itu Wakil Bupati menyampaikan, pihaknya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Menurutnya, perlombaan semacam ini dapat menjadi wasilah geliatnya syiar Islam dan turunnya barokah bagi daerah serta umunya masyarakat Kabupaten Kebumen.
"Hadroh dan kesenian Islami lainnya pada hakikatnya merupakan media untuk syi’ar dan dakwah Islam. Sebuah strategi dakwah yang penuh kelembutan dan menjunjung kearifan lokal. Sudah menjadi kodratnya bahwa manusia menyukai keindahan, dan Islam sendiri Indah. Hadroh dan kesenian lainnya menjadi bahasa yang indah, efektif dan santun untuk membumikan nilai dan ajaran Islam.’’ujarnya.
Selain itu, Wabup merasa bangga karena saat ini ada beberapa komunitas yang menghimpun anak-anak muda untuk bershalawat bersama, dengan diiringi hadrah. Adanya hadroh dan komunitasnya menjadi harapan bahwa anak muda mau berkhusyu dan berasyik masyuk dalam kecintaan kepada agama dan Rasulullah, secara menyenangkan.
‘’ Untuk itu, lomba kali ini, hendaknya dimaknai sebagai ajang untuk saling berbagi semangat, berbagi kreasi, berbagi ilmu dan pengalaman, untuk kemudian sama-sama mengembangkan hadrah. Lebih penting lagi adalah untuk sama-sama membawakan Islam yang teduh dan santun.’’imbuhnya.
Berkenaan dengan lomba baca kitab, Wabup memandang kegiatan ini bukan hanya sekadar lomba untuk memperebutkan juara, namun harus menjadi penyebaran nilai-nilai keislaman. Dengan begitu nantinya akan lahir kader ulama berkualitas.
 
Sumber : Akun Fb. Prokopim Kebumen diakses pada 27 Oktober 2021 pukul 13.47 WIB

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung