Pelatihan RT dan RW : Kompos Organik sebagai Ajang Pemanfaatan Potensi Lokal Desa

Pelatihan RT dan RW : Kompos Organik sebagai Ajang Pemanfaatan Potensi Lokal Desa

Pelatihan RT dan RW : Kompos Organik sebagai Ajang Pemanfaatan Potensi Lokal Desa

Lintas Desa - Dalam rangka peningkatan kualitas para Ketua RT dan RW pemerintah Desa Jintung Kecamatan Ayah menggelar pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW. Pelatihan ini  dihadiri oleh pemerintahan Desa, seluruh ketua Rt dan ketua Rw se-Desa Ardimulyo. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Kemasyarakatan Desa Jintung pada tanggal 30-31 Maret 2021 di tengah-tengah Pendemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diberlakukan.

Kepala Desa Jintung Walim menyebut, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas RT dan RW ini penting untuk memperkuat soft skill  para ketua RT/RW sebagai unit organisasi akar rumput yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Mereka juga sebagai garda terdepan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya,” ujar Walim.

RT dan RW mengungkapkan, tugas pokok dan fungsi RT/RW adalah untuk membantu pemerintah desa dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif, dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayahnya.

“Saya berharap dengan diadakannya pelatihan ini sebagai penambah wawasan RT/RW di Desa Jintung untuk menciptakan sinergitas dengan pemerintah desa,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Ayah yang hadir pada pembukaan pelatihan RT dan RW menyampaikan bahwa pelatihan yang bersifat untuk memanfaatkan potensi lokal desa seperti yang dilakukan oleh pemerintah Desa Jintung penting dilakukan.

Pelatihan semacam ini penting dilakukan untuk memanfaatkan potensi lokal desa. Saya pribadi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh   pemerintah Desa Jintung. Ujar Drs. Munadi. M.Si

Salahsatu Ketua RT Muhlasin menyampaikan, Ketua RT 05 RW 01 Desa Jintung Kecamatan Ayah mengaku sangat antusias dan bangga adanya kegiatan pelatihan RT/RW yang bersifat menambah soft skill sehingga merasa terbantu dan menambah wawasan serta skill baru yang didapat di pelatihan ini.

“Kita sangat antusias dengan pelatihan RT dan RW. Selain itu kami mendapatkan ilmu atau wawasan serta menambah skill baru untuk kesejahteraan Ketua RT dan RW di lingkungan Desa Jintung, ” Ujarnya.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung