Puluhan Santri dari Jawa Timur dikabarkan Mudik Hari ini

Puluhan Santri dari Jawa Timur dikabarkan Mudik Hari ini

Puluhan Santri dari Jawa Timur dikabarkan Mudik Hari ini

Lintas Desa - Dikabarkan puluhan santri dari Pondok Jatim yang berasal dari Desa Jintung akan mudik ke Desa Jintung pada hari ini.

Informasi tersebut dikabarkan setelah ada usulan dari Wakil Presiden RI yaitu KH. Ma'ruf Amin yang meminta ada Dispensi untuk santri yang berada dipondok pesantren untuk mudik lebaran 1442 H.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi dalam videonya akhir pekan lalu, yang ditulis Minggu (24/4/21, Wapres RI minta ada dispensasi para santri bisa pulang ke rumah masing-masing tidak dikenai aturan-aturan yang ketat terkait larangan mudik saat pandemi corona seperti saat ini.

Masduki menyebut, Lebaran adalah waktu bagi santri untuk pulang ke rumah setelah melakukan proses belajar di Pondok Pesantren. Para santri ini disebut banyak yang pulang bahkan sampai lintas wilayah.

"Saat terjadi larangan mudik Lebaran,  nanti itu juga akan terjadi para santri pondok pesantren akan pulang dari belajar. Tentu saja kalau kita mengikuti peraturan-peraturan yang ada para santri yang sedang pulang belajar dari pesantren ke rumah masing-masing itu terkadang banyak yang lintas wilayah, oleh itu dalam hal ini perlu ada semacam dispensasi," kata Masduki.

Sementara itu, beliau sangat mengapresiasi kebijakan Gubenur Jatim yang mengijinkan pulang para santri yang mondok di Pesantren Jawa Timur untuk berlebaran di kampung halamannya masing-masing. Kabar kebijakan Gubenur Jatim yang menyampaikan, pihaknya memperbolehkan para santri pulang ke rumah masing-masing dimaksudkan agar para pengasuh pondok pesantren maupun keluarga santri tidak merasa khawatir akan ancaman penularan Covid-19. "Jangan ada pengasuh pesantren yang khawatir atau wali santri yang khawatir. Maka semua harus dikoordinasikan," ujar Khofifah (23/4/21) di Surabaya.

Oleh karena itu, Kepala Desa Jintung mengajak agar para wali santri atau koordinator santri agar berkoordinasi dengan Satgas Jogo Tonggo di masing-masing wilayah atau langsung ke Jogo Tonggo Desa Jintung untuk diberikan arah-arahan terkait dengan protokol kesehatan atau aturan yang berlaku di Kebijakan Jogo Tonggo maupun PPKM Mikro yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, Santri yang pulang atau mudik kerumah tetap mematuhi protokol Kesahatan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi karena diwaktu ini masih dalam suasana Pandemi yang belum kunjung usai atau sirna. Ujar Walim di Meja Kerjanya (27/4/21)

Informasi Satgas Jogo Tonggo dan PPKM Mikro :

1. Ka Satgas Jogo Tonggo dan PPKM Mikro Desa : 0821-3632-3918

2. Ka Satgas Jogo Tonggo RW 1 : 0815-4840-4469

3. Ka Satgas Jogo Tonggo RW 2 : 0857-9939-8810

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung