Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Slametan Desa

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Slametan Desa

Lintas Desa - Pemerintah Desa Jintung, Kecamatan Ayah, punya banyak cara meningkatkan kebersamaan di desanya. Salah satunya dengan menggelar selamatan desa, seperti yang dilakukan pada Kamis (29/10) siang.

Sejumlah warga diundang menghadiri acara tersebut. Mereka berasal dari semua lapisan masyarakat. Mereka juga berasal dari berbagai latar belakang sosial. Semua menyatu dalam kegiatan yang digelar di Balai Kemasyarakatan Desa Jintung di Komplek Kantor Kepala Desa Jintung.

Kepala Desa Jintung menjelaskan, kegiatan selamatan desa memang menjadi agenda penting. Tujuannya untuk memohon doa agar keselamatan dan keberkahan senantiasa dirasakan warga desa. "Intinya kami mohon keberkahan dan keselamatan kepada Allah SWT," terang Bapak Walim kepada Crew Desa Online disela-sela acara.

Lebih jauh diterangkan, selain selamatan desa pihaknya juga sekaligus merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 M. Menurutnya, dua kegiatan tersebut memiliki tujuan yang berbasis pembangunan spiritual. Yakni, menuju Desa Jintung yang maju dan beriman. "Kegiatan keagamaan menjadi salah satu cara guna meningkatkan kebersamaan bagi masyarakat," bebernya.

Kegiatan Maulid Nabi atau peringatan Maulid SAW 1442 H dilaksanakan pada pagi hari sampai waktu dzuhur dengan agenda pembacaan maulid al-barzanji oleh tokoh ulama Desa Jintung yakni Kyai. M. Fauzi, KH. M. Nurudin, KH. Ahmad Maksudi Mubarok dan diiringi seni musik tradisional jan janneng Desa Jintung yang dipimpin oleh Bapak Mustakim. Kegiatan pembaca maulid Nabi Miuhammad SAW dibuka langsung oleh Bapak Kepala Desa Jintung. Beliau menuturkan bahwa keharmonisan antara ulama dan umaro di Desa Jintung harus selalu dijaga karena ini sudah baik. 

Selain itu, Ke depan sebagai pemimpin desa, Bapak Walim berjanji untuk terus meningkatkan pembangunan di desanya. Pembangunan tersebut baik yang bersifat fisik maupun pembangunan spiritual. Keduanya diharapkan berjalan seimbang dalam irama dan harmoni.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung