Tradisi Baritan di Desa Jintung

Tradisi Baritan di Desa Jintung

Tradisi Baritan di Desa Jintung

Lintas Desa-Tradisi Baritan yang dilaksanakan di masing-masing lingkungan RT atau dukuh dan waktu pelaksanaannya pada bulan safar atau sapar.

Pelaksanaan Baritan pada tahun ini bertepatan pada hari senin tanggal 05 oktober 2020 atau malam selasa kliwon pertama di bulan safar. Tempat pelaksanaan tradisi tersebut bertempat di perempatan atau pertigaan jalan dimasing-masing lingkungan atau RT di wilayah Desa Jintung.

Tradisi tersebut bertujuan untuk do'a bersama dan meminta keselamatan bagi masyarakat setempat. Selain itu, untuk melestarikan tradisi leluhur Desa Jintung yang sudah mendahului.

Sementara itu, Kepala Desa Jintung menuturkan bahwa kegiatan atau tradisi baritan adalah tradisi yang harus kita leastarikan bersama karena didalamnya terdapat do'a-do'a baik untuk mendo'akan kita semua. Bapak Walim, 05/10/2020

Walaupun di baritan tahun ini didahului dengan hujan dan waktu pelaksanaan juga diguyur dengan air hujan tetapi tidak mengendorkan semangat warga masyarakat untuk berdo'a bersama di lingkungan masing-masing. hal itu disampaikan oleh Bapak Ketua RT. 03/01 Bapak Nurhadi pada waktu baritan dilingkungannya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung