Pelatihan Pengolahan Sampah Desa Jintung

Pelatihan Pengolahan Sampah Desa Jintung

Pelatihan Pengolahan Sampah Desa Jintung

Lintas Desa-Sabtu 25 Juli 2020 Pemerintah Desa Jintung mengadakan Pelatihan Pengolahan Sampah. Pelatihan yang diadakan untuk mengendalikan jumlah sampah di Desa Jintung tersebut disambut antusias oleh para pemuda Desa Jintung. Hal itu terbukti banyak pemuda dan didominasi oleh para pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan tersebut ada yang berbeda seperti pelatihan-pelatihan sebelumnya yaitu diadakan di tempat wisata Pantai surumanis Desa Pasir. Pemilihan tempat tersebut bertujuan agar peserta tidak spaneng dalam menerima ilmu baru yang didapatkan oleh para peserta. 

Kegiatan pelatihan diawali dengan apel yang dipimpin oleh Bapak Solikhin, SH selaku sekretaris Desa yang memberikan arahan tentang protokol kesehatan dan pemberian pemberian ATK kepada Peserta. Setelah apel awal selesai dilanjutkan dengan pembukaan yang dilakukan secara singkat oleh beliau Kepala Desa Jintung sekaligus memberikan motivasi terkait dengan kepemudaan agar semangat dalam berkarya dan terlibat dalam pengendalian sampah. 

Setelah Kepala Desa Jintung membuka acara dilanjutkan dari Pendamping Desa yaitu Tri Anna Puspitasari atau lebih akrabnya disapa mba nana menyampaikan sudah saatnya pemuda berperan untuk Desanya agar Desa yang ditempatinya lebih maju dan kreativ dalam mengikuti perkembangan jaman. Mba nana juga bertindak sebagai narasumber kedua tentang semangat pemuda dalam ikut serta dalam pembangunan Desa.

Acara selanjutnya yaitu pengisian dari narasumber pertama yang diundang dari pelaku pengolahan sampah yaitu Candra Sari Dewi. Wanita yang mengelola TPS 3R Tamanwinangun tersebut menyampaikan berbagai hal diantaranya yaitu menjelaskan bahwa sampah adalah ladang emas yang harus kita perjuangkan. Dari sampah juga akan muncul kreativitas-kreativitas yang bernilai tinggi. Beliau juga menerangkan bahwa dari sampah-sampah yang sudah dipilah sesuai jenisnya akan lebih bermanfaat dan beliau yakin apabila kita yakin dan sampah-sampah kita kelola dengan baik maka akan menghasilkan berkah yang luarbiasa dan bisa menyelamatkan ekosistem-ekosistem yang dilindungi dan juga membuat linglungan indah dan nyaman serta bersih.

Pemateri kedua yang disampaikan oleh mba nana lebih menonjolkan ke penyemangatan pemuda agar lebih berperan dalam pembangunan dari berbagai bidang tekhnologi tepat guna yang ada disekitar kita. Setelah pemateri kedua selesai ada pemateri ketiga yang spesial yaitu bapak camat ayah beliau bapak Drs. Munadi, M.si yang menharapkan agar para pemuda lebih bergerak mengangkat potensi-potensi atau inventaris Desa tentang SDA yang belum tersentuh sehingga pemuda harus ikut andil dalam berbagai pemanfaatan potensi alam yang dimiliki oleh Desa Jintung.

Peserta juga langsung ditunjukkan dengan praktek oleh pemateri pertama setelah istirahat selesai dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Peserta disuruh mencari berbagai sampah kemudian ditunjukkan ke pemateri pertama kemudian ditunjukkan sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

diakhir acara dilanjutnya RTL atau rencana tindaklanjut yang dipimpin oleh Saiful. RTL tersebut membahas pembentukan Bank Sampah kemudian membuat Nama Bank sampah yaitu Berkah Resik dengan direkturnya yaitu Ikfi Ilman Nafi'a.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung