Kesenian Desa Jintung di Era 4.0 : Rintangan dan tantangan

Kesenian Desa Jintung di Era 4.0 : Rintangan dan tantangan

Kesenian Desa Jintung di Era 4.0 : Rintangan dan tantangan

Desa Jintung adalah salah satu desa di Kecamatan Ayah yang kaya akan keseniannya. Hal itu, terbukti dengan banyaknya kesenian contohnya kerawitan atau musik Jawa, janengan, orgen tunggal, Hadroh, rebana selain itu ada ketoprak dan angklung yang masih eksis. 

Hal diatas harus dijaga secara eksistensisnya oleh masyarakat Desa Jintung dengan cara melestarikan. Kesenian di Desa Jintung yang sudah ada merupakan aset atau inventaris untuk anak cucu di generasi berikutnya. Tetapi yang menjadi tantangan adalah zaman yang semakin digital dan sudah masuk ke era 4.0 yang sedang bertransformasi ke era 5.0 dimana zaman serba di gital. Oleh karena itu, masyarakat yang membawa kesenian Desa Jintung harus ikut andil melestarikan di media melalui anak muda. 

Orang tua harus memberikan ruang untuk anak mudanya agar mengeksplore kegiatan-kegiatan masyarakat yang berbau seni, sehingga kesenian asli yang di perankan oleh masyarakat Desa Jintung bisa di nikmati oleh masyarakat universal. Di era 4.0 masyarakat kelompok umur orang tua dan pemuda harus bisa membagi peran, apabila menginginkan seni di Desa Jintung tetap eksis.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung